harga genset honda

Tren Modifikasi Motor, Antara Hasrat, Jiwa Seni dan Kecerdasan


13852039461398601321

Modifikasi Velg, Ban dan Priringan Cakram pada Motor (Dok Pribadi)



Bagi penggila modifikasi kendaraan, merupakan suatu hal yang lumrah jika ingin memiliki sebuah tunggangan idaman yang unik, indah dipandang, serta mampu memukau setiap orang yang melihatnya. Bahkan beberapa orang tertentu rela membeli tunggangan yang merupakan keluaran terbatas atau limited edition untuk dimodifikasi. Hal tersebut menjadi prestise tersendiri bagi kalangan tertentu.


Namun kini, kebiasaan dalam memodifikasi kendaraan di jaman modern bukan lagi hanya soal kecepatan dan mahalnya kendaraan, tapi telah bergeser kepada sebuah seni yang dianggap menjadi daya tarik yang mampu memuaskan hasrat berkendara pemiliknya. Seni rupanya telah menjadi bagian dalam berkendara sehingga banyak saat ini para penggila dan pecinta otomotif lebih tertarik melakukan modifikasi kendaraanya dari sisi desain interior dan eksterior tunggangannya.


Seni telah menyatu di dalam hati para pecinta modifikasi otomotif baik itu kendaraan roda empat, roda dua bahkan sepeda sekalipun. Bahkan ditahun 2013, jumlah pecinta otomotif terkhususnya anak muda yang ingin memodifikasi kendaraannya meningkat drastis. Artinya, modifikasi tunggangan pribadi semakin menjadi trend dikalangan pecinta otomotif negeri ini.


Maka tidak heran jika banyak orang yang berburu barang-barang terbaru maupun barang langka seperti aksesoris kendaraan, mesin, ban, velg, stiker dan lain sebagainya untuk mengisi bagian-bagian tertentu pada kendaraan tercintanya. Mereka rela hingga harus mengimpor dari luar dengan biaya ekstra mahal.


Namun disisi lain, jika berbidara tentang modifikasi tentunya kita masih mengingat sebuah Game yang pernah booming dikalangan penggila balapan mobil (racing). Game tersebut adalah Need For Speed (NFS Most Wanted) yang bukan hanya berfokus pada kecepatan namun juga dipadukan dengan seni mendesain kendaraannya sendiri yang akan digunakan untuk balapan.


Dalam game tersebut, pemain bebas memodifikasi mobil andalannya agar mencapai performa maksimal baik mesin maupun aerodinamikanya. Selain itu, pemain juga bebas dalam mendesain mobil andalannya seunik mungkin sesuai keinginannya. Hal itu menjadikan para pemain game NFS bagai hidup didunia nyata bersama mobil tunggangannya.


Namun permainan tetaplah permainan. Game NFS hanya sebuah permainan yang mengakomodir pecinta otomotif untuk mewujudkan keinginannya dunia maya, namun hal itu tidak nyata. Sebaliknya pengalaman nyata sangat diperlukan bagi mereka yang hobi modifikasi.



13852046921503563321

Modifikasi Tampilan pada Motor (Dok Pribadi)



Soal kemampuan dan pengalaman sebenarnya adik saya lebih hebat dari saya, oleh karena itu ketika akan memodifikasi terlebih dahulu saya minta pendapat dan saran adik saya. Berikut ini beberapa bagian dari kendaraan pribadi kami yaitu sebuah motor matic yang telah dilakukan modifikasi pada bagian mesin, shock (suspensi), velg, cakram, rem, bodi dan kelengkapan lainnya sesuai baudget dan ide kreatif kami.


Berdasarkan hasil modifikasi sederhana yang kami lakukan saya berpendapat bahwa pengalaman adalah kunci melakukan modifikasi selain dukungan budget yang memadai. Oleh karena itu, walaupun modifikasi yang kami lakukan bukan modifikasi ekstra mahal dan tergolong wah, namun saya belajar dari pengalaman saudara saya adalah hal yang sangat berguna dalam melakukan modifikasi.



1385204275920018597

Modifikasi Suspensi atau Shock (Dok Pribadi)



Hal itulah yang saya lakukan bersama adik serta temen-teman lain yang hobi modifikasi terhadap kendaraan. Modifikasi memang asyik namun saya menyimpulkan beberapa hal penting dan utama yang perlu diperhatikan bagi penggila otomotif jika akan memodifikasi tunggangannya. Beberapa hal yang penting harus diperhatikan yaitu:


Pertama kita harus mengerti cara memodifikasi kendaraan baik motor, mobil maupun sepeda. Sebab jika kita tidak mengerti jadi buat apa melakukan modifikasi. Maka dari itu kita harus tau tujuan dan memiliki konsep sendiri lewat ide yang unik dan mengesankan seperti bodi kendaraan, warna, perpaduan aksesoris, suku cadang dan lain sebagainya.


Kedua, modifikasilah tungganganmu dengan bijak. Hal ini penting karena tanpa kebijaksanaan maka semua sia-sia. Bijak disini berarti kita harus tahu kemampuan sendri, jangan memaksakan diri jika budget tak cukup, namun jika dana ada maka silahkan lakukan modifikasi.


Ketiga, kita harus tahu jenis barang dan harga agar tidak tertipu. Hal ini bisa disiasati dengan bertanya kepada teman yang sudah pernah atau yang lebih berpengalaman atau dapat juga lewat majalah-majalah otomotif, bikers, situs otomotif maupun komunitas-komunitas yang hobi dalam memodifikasi. Contoh jika harga velg motor comet hanya tiga ratus ribuan jangan sampai kita beli dengan harga lima ratus ribu.


Keempat, Jangan terlalu boros dalam melakukan pembelian sana-sini. Kita harus paham barang bagus. Jangan sampai karena terlalu semangat maka kita menghabiskan dana yang berlebihan. Oleh karena itu persiapakn rancangan dan dana secara jelas dan belilah barang dengan kualitas terbaik.



Kelima, Punya kemampuan dalam mengenali barang palsu adalah hal yang penting, sebab dijaman sekarang asli palsu sangat sulit dibedakan. Maka dari itu pengetahuan dalam bidang aksesoris kendaraan, sparepart maupun harga harus diketahui agar tidak tertipu. Karena busi jenis NGK saja ada yang dipalsukan apalagi barang lainnya.


Keenam, Punya kemampuan dana yang memadai adalah hal yang utama, karena modifikasi yang seruis membutuhkan dana yang besar, terkecuali kita melakukan modifikasi setengah-setengah. Oleh Karena itu hendaknya mempersiapkan budget terlebih dahulu.


Ketujuh, Punya nilai seni tidak kalah penting dalam hal modifikasi. Ide dalam modifikasi tidak bole hide pasaran, karena merupakan suatu kebanggaan jika hanya tunggangan kita yang memiliki warna dan bentuk yang spesial. Sehingga orang banyak akan berdecak kagum.


Lalu hal penting terakhir dan terpenting adalah: kita mampu mengenali bengkel servis modifikasi yang handal dan terpercaya. Megapa? karena itu menyangkut kendaraan tercinta kita, jadi jangan sampai salah pilih tempat. Namun jika bisa melakukan modifikasi kendaraan sendri itu maka lebih baik, namun tak semua orang mampu. Oleh karena itu penting untuk belajar dari pengalaman orang lain dan banyak membaca info lewat internet dan majalah atau situs resmi komunitas tertentu.


Hal-hal diatas wajib menjadi pertimbangan jika ingin melakukan modifikasi pada tunggangan tercinta, sebab modifikasi memerlukan jiwa seni, bijak dan punya kemampuan. Dan jika tidak maka tunggangan kita akan berubah menjadi tunggangan abal-abal yang hanya jadi bahan tertawaan teman-teman. Dengan demikian semoga kecintaan kita masing-masing terhadap modifikasi dapat disalurkan pada kegiatan yang tepat, berguna dan dapat merealisasikan hobi.



13852044991342254838

Modifikasi Handle (Dok Pribadi)




sumber : http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2013/11/23/tren-modifikasi-motor-antara-hasrat-jiwa-seni-dan-kecerdasan-612455.html

Tren Modifikasi Motor, Antara Hasrat, Jiwa Seni dan Kecerdasan | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar