harga genset honda

Optimalisasi Daerah Perbatasan Untuk NKRI



Daerah perbatasan antar negara dapat di ibaratkan sebuah teras wilayah negara yang mempunyai peranan penting dalam penentuan batas wilayah kedaulatan, pemanfaatan sumber daya alam, menjaga keamanan dan keutuhan wilayah. Pembangunan wilayah perbatasan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Wilayah perbatasan mempunyai nilai strategis dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional.


Hal tersebut ditunjukkan oleh karakteristik kegiatan antara lain mempunyai dampak penting bagi kedaulatan negara, merupakan faktor pendorong bagi peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat sekitarnya, mempunyai keterkaitan yang saling mempengaruhi dengan kegiatan yang dilaksanakan di wilayah lainnya yang berbatasan dengan wilayah maupun antar negara, mempunyai dampak terhadap kondisi pertahanan dan keamanan, baik skala regional maupun nasional.


Pertahanan dan ketahanan wilayah perbatasan perlu mendapatkan perhatian secara sungguh-sungguh karena kondisi tersebut akan mendukung ketahanan nasional dalam kerangka NKRI. Pada umumnya daerah pebatasan belum mendapat perhatian secara serius. Kondisi ini terbukti dari kurangnya sarana prasarana daerah perbatasan, minimnya SDM di bidang pendidikan dan kesehatan. Hal ini telah menyebabkan terjadinya berbagai permasalahan seperti, akses kebutuhan hidup yang sulit, penyelundupan barang dan jasa, rendahnya kualitas pendidikan dan kesehatan serta kejahatan transnasional.


Penanganan perbatasan selama ini memang belum dapat dilakukan secara optimal dan kurang terpadu, serta seringkali terjadi tarik-menarik kepentingan antara berbagai pihak baik secara horizontal, sektoral maupun vertikal. Lebih memprihatinkan lagi keadaan masyarakat sekitar daerah perbatasan negara, seperti lepas dari perhatian dimana penanganan masalah daerah batas negara menjadi domain pemerintah pusat saja, pemerintah daerahpun menyampaikan keluhannya, karena merasa tidak pernah diajak serta masyarakatnya tidak mendapat perhatian.


Otonomi daerah harus dilaksanakan dengan pengawasan ketat pemerintah pusat memang benar-benar harus dioptimalkan. Kemudian, pembentukan kelembagaan khusus menangani masalah perbatasan. Persoalan pengelolaan perbatasan negara sangat kompleks dan urgensinya terhadap integritas negara kesatuan RI sehingga perlu perhatian penuh pemerintah terhadap penanganan hal-hal yang terkait dengan masalah perbatasan, baik antar negara maupun antar daerah. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan ketahanan di daerah perbatasan. Kualitas sumber daya manusia ataupun tingkat kesejahteraan yang rendah akan mengakibatkan kerawanan terutama dalam hal yang menyangkut masalah sosial dan pada gilirannya dapat mengganggu stabilitas nasional secara keseluruhan.


Oleh karena itu perlu adanya peningkatan taraf hidup masyarakat di daerah perbatasan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam usaha pertumbuhan perekonomian perbatasan yang berbasis kerakyatan antara lain potensi sumber daya alam setempat dan kelompok swadaya masyarakat. Daerah perbatasan merupakan wilayah khusus sehingga dalam penanganannya memerlukan pendekatan yang khusus pula. Hal ini disebabkan karena semua bentuk kegiatan atau aktifitas yang ada didaerah perbatasan apabila tidak dikelola akan mempunyai dampak terhadap kondisi pertahanan dan keamanan, ditingkat regional maupun internasional, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sinergisasi berbagai pihak untuk mengembangkan teras bangsa adalah harga mati untuk merekatkan NKRI.



sumber : http://politik.kompasiana.com/2013/11/25/optimalisasi-daerah-perbatasan-untuk-nkri-614071.html

Optimalisasi Daerah Perbatasan Untuk NKRI | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar