harga genset honda

Keunikan dan Keanekaragaman Budaya Diufuk Timur


Indonesia merupakan Negara Kepulauan terbesar didunia yang terbentang di khatulistiwa sepanjang 3200 mil ( 5.120 km2) dan terdiri atas 13.667 pulau besar dan kecil. nama Indonesia sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Indo yang berarti Indoa dan Nesia yang berarti Kepulauan. Indonesia juga merupakan 1/5 populasi terbesar didunia dengan penduduk yang berasal dari ras melayu dan polinesia serta terdiri dari 300 suku cabangnya yang masing-masing suku memiliki tradisinya sendiri. salah satunya adalah PAPUA.


walaupun kemajuan pembangunan dan informasi telah menempatkan keunikan-keunikan papua sebagai suatu ketertinggalan, tatapi membuat makna sebagai kearifan budaya dan tradisi lokal. terkadang keunikan dari papua juga menjadi penyebab keterbelakangannya, sering juga papua dianggap sebagai daerah yang rawan dan primitif, karena masih terdapat berbagai suku asli papua. tidak disangkal bahwa banyaknya suku asli papua itu membuktikan bahwa papua memiliki berjuta keunikan keunikan dan keragaman didalamnya. Salah satu keunikan budaya diufuk timur ini adalah adalah Keterampilan Artistik yaitu ketangkasan dan keragaman yang dikembangkan oleh orang-orang papua pada saat itu telah mewarnai budaya dan lingkungan masing-masing.


Adapun kerja seni yang mereka lakukan seperti merajut tas dengan teknik dan pola pewarnaan yang indah, adapula rumah-rumah yang didekor dengan warna yang cantik. tas yang mereka rajut sering dikenal dengan nama NOKEN, tempat menyimpan buku dan peralatan lainnya. Noken terbuat dari tali hutan (kayu) khusus yang tidak mudah putus. noken mengalami perkembangan cukup bagus dibanding dengan fasilitas-fasilitas tradisional lainnya. Setelah noken tersebut dianyam mereka memberi warna-warna yang cantik sehingga berpenampilan lebih memikat pemilik.



Selain itu papua juga memiliki rumah tradisional yang disebut HONAY, rumah tradisional ini berbentuk lingkaran dengan diameter 3-5 meter, dengan bagian atap berbentuk kerucut, ada honay khusus untuk ternak babi, ada honay untuk para pria, ada juga honay khusus untuk para wanita. ruangan dalam honay itu sengaja dibuat sempit dan tidak berventilasi ( jendela) karena dengan tujuan untuk menahan hawa dingin.



Tidak hanya itu masih banyak keunikan dan keragaman papua lainnya, seperti pakaian adat, alat musik, kesenian-kesenian juga nyanyian (lagu-lagu) juga menyatakan ekspresi bahwa budaya dan keunikan papua itu sangat beragam.



sumber : http://sosbud.kompasiana.com/2013/11/25/keunikan-dan-keanekaragaman-budaya-diufuk-timur-611045.html

Keunikan dan Keanekaragaman Budaya Diufuk Timur | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar