harga genset honda

PC atau Laptop Rusak, Terapkan Cara ini


Perbaiki Sendiri computer atau laptop yang rusak pada dasarya gampang-gampang susah, namun jika mengerti maka akan sangat memgantu. Sebaliknya Mungkin tidak banyak yang tahu jika kita menggunakan lebih dari satu sistem operasi pada komputer atau laptop akan sangat membantu dan bermanfaat bagi kita. Manfaat yang didapat bukan hanya bagi seorang teknisi komputer saja, namun juga bagi kalangan masyarakat umum yang tidak terlalu mengerti tentang seluk beluk dalam memperbaiki komputer.


Secara umum, seorang teknisi atau mereka yang mengerti tentang ilmu komputer biasanya sudah memahami dan mengerti bagaimana cara mensiasati jika terjadi kerusakan dan secepat mungkin akan segera mengatasinya, namun lain halnya dengan masyarakat awam yang sehari-hari hanya sebagai pengguna (user) biasa yang tidak terlalu paham bagaimana cara memperbaiki komputer dengan biaya murah dan cepat jika tiba-tiba terjadi kerusakan akibat virus, hang, maupun file corrupt.


Saya sendiri sebagai seorang yang mengerti komputer biasanya mensiasati untuk mencegah kerusakan pada Personal Computer (PC) ataupun laptop dengan menginstal lebih dari satu Sistem Operasi (OS) pada komputer. Dengan melakukan instalasi lebih dari satu sistem-operasi maka kita akan mampu memperbaiki secara cepat jika terjadi kerusakan pada sistem operasi komputer kita.


Namun mungkin orang akan bertanya, apa bedanya instalasi dua sistem operasi pada drive berbeda dengan menggunakan virtual machine sperti vmware ataupun sejenisnya?. Hal ini tentu saja berbeda pada tujuan penggunaanya, sebab jika kita menggunakan software seperti “vmware“ ataupun sejenis software virtual machine lainnya dengan tujuan memperbaiki maka itu tidak mungkin. Perbedaan terletak pada tujuan penggunaanya, karena software-software virtual machine memiliki kegunaan lain meskipun dengan software tersebut kita juga dapat melakukan instalasi sistem operasi lebih dari satu.


Kegunaan software jenis virtual machine secara umum untuk cloning sistem operasi lebih dari satu agar dalam proses belajar maupun melakukan maintenance umumnya jaringan. Dengan adanya OS lebih dari satu maka si pengguna atau teknisi tidak perlu harus berpindah-pindah sistem operasi dengan bolak-balik harus melakukan restart komputer karena tentunya akan memakan waktu, melainkan dapat langsung menggunakan vmware untuk masuk ke sistem operasi untuk melakukan otak-atik sesuai keperluan dengan mudah dan cepat.


Sebaliknya jika tiba-tiba terjadi kerusakan sistem operasi maka vmware juga tidak akan berfungsi akibat sistem operasi tidak dapat menyelesaikan booting. Oleh karena itu disinilah manfaat menggunakan sistem operasi lebih dari satu dengan melakukan instalasi di drive yang berbeda. Dengan adanya sistem operasi di dua drive (umumnya C dan D) maka jika sistem operasi di drive C rusak maka kita dapat memperbaikinya dengan masuk ke sistem operasi di drive D.


Namun caranya harus kita mengerti dahulu. Lalu memahami jenis masalah, contohnya ketika sistem operasi mengalami gagal booting, mati tiba-tiba akibat kehabisan daya atau bahkan virus dan file corrupt. Kemudian kita dapat masuk kesistem yang masih normal lalu melakukan langkah berikut. Pertama masuk kedalam folder C:WINDOWSsystem32config kemudian copy seluruh file kedalam folder baru dengan nama “tmp” sebagai backup jika terjadi kesalahan.


Langkah Kedua, kemudian masuk kedalam folder C:WINDOWSrepair lalu copy file bernama SAM, Default dan System kedalam folder C:WINDOWSsystem32config lalu pilih yes jika ada permintaan konfirmasi. Nah yang menjadi catatan adalah ketika terjadi kerusakan, kita juga harus melihat apa yang dikonfirmasikan windows. Umumnya tampilan pada layar hitam akan muncul sebagai pemberitahuan jenis kerusakan. Lalu kita akan mengerti kerusakan sehingga dalam melakukan copy terhadap file SAM, Default maupun Sistem tidak harus dicopy seluruhnya melainkan sesuai dengan kerusakan yang ada, bisa saja file SAM yang diperlukan ataupun file lainnya.


Hal tersebut sangat bermanfaat meringankan biaya perbaikan karena tidak perlu harus melakukan instal ulang sistem operasi. Namun hendaknya terlebih dahulu harus belajar memahami seluk beluk sistem operasi yang dimiliki agar tahu juga jenis kerusakannya. Karena informasi yang saya berikan tidak mencakup keterangan-ketarangan umum tentang windows, namun langsung pada inti permasalahan. Semoga manfaat Besar Menggunakan Lebih Dari Satu Sistem Operasi Komputer dapat kita aplikasikan. Salam Mekanik Komputer.



sumber : http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/11/24/pc-atau-laptop-rusak-terapkan-cara-ini-612727.html

PC atau Laptop Rusak, Terapkan Cara ini | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar